Manfaat Makan Coklat Hitam Bagi Kesehatan


Coklat dulunya dikonsumsi sebagai minuman yang diolah dari biji buah kakao, bukan sebagai makanan kecil. Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh. Cokelat hitam akhir-akhir ini banyak mendapatkan promosi karena menguntungkan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah cukup.


Kenapa makan coklat bermanfaat ? Berikut alasannya : 

Pertama, makan coklat dapat menurunkan tekanan darah. Karena menurut ilmuwan, cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat termasuk kandungan antioksidannya yang dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dalam tubuh. 




Kedua, makan coklat berguna untuk untuk mencegah penggumpalan darah. Karena kandungan di Kokoa dapat menstabilkan pembuluh arteri sehingga memperkecil resiko stroke atau serangan jantung.


Ketiga, makan coklat dapat meringankan batuk. Karena ada kandungan zat theobromine dalam coklat lebih efektif daripada codeine dalam obat batuk untuk melegakan dan mencegah tenggorokan kering.



Keempat, makan coklat dapat meringankan diare. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan flavonoids dalam coklat dapat mencegah meningkatnya cairan dalam penyakit diare.



Kelima,  makan coklat berguna untuk mengurangi rasa stres, karena cokelat mengandung theobromine, senyawa alkaloid bersifat stimultan ringan yang dapat menstimulasi sel saraf sehingga menimbulkan perasaan bersemangat dan segar.



Keenam, makan coklat tidak membuat gemuk. Karena di dalam coklat hitam terkandung sedikit gula dan minyak nabati, akibatnya coklat premium ini juga mengandung lebih sedikit kalori yang artinya lebih sehat dan baik dikonsumsi. Jika terjadi kegemukan, jangan salahkan kandungan coklatnya tapi salahkan kandungan gula atau susu berlebihan pada coklat kualitas rendah yang Anda konsumsi.




Saran

1. Kita sebaiknya konsumsi coklat secukupnya setidaknya 1 ons sehari karena sudah cukup mengandung 150 kalori.
2. Kita sebaiknya juga mengkombinasikan buahan-buahan seperti stroberi dengan coklat untuk mendapatkan kandungan vitamin dari buah serta antioksidan dari cokelat.
3. Kita sebaikanya memperhatikan kandungan bahan-bahan coklatnya sebelum membeli.



sumber: http://favoritbios.blogspot.com/2009/02/semakin-hitam-coklat-semakin-banyak.html



Comments

Popular posts from this blog

BIOGRAFI : ADHI TIRTA WISATA (CHAIRMAN PT. PANORAMA TOURS INDONESIA)

Final Chapter ~

EFFORT?!