10 AIR TERJUN TERTINGGI DI DUNIA

1. Angel Falls

AngelFalls2 Angel Falls 

Air Terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela.


Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan “Air terjun Angel” untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai “Auyan-tepui” (“Aiyan-tepui”) yang berarti “Gunung Setan”.
Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela.


2. Tugela Falls




 

Tugela falls adalah air terjun kedua tertinggi didunia. Ketinggian totalnya (lima kali terjun, amphitheater series) adalah 947 meter. Lokasinya di Drakensberg (Dragon’s Mountains) di Royal Natal National Park di KwaZulu-Natal Province, Afrika Selatan. Air terjun ini semakin nyata terlihat setelah hujan deras dari jalan utama menuju perjalanan dedalam taman. Sumber air berasal dari sungai Tugela River. 


3.  Three Sisters Falls



 

Di Peru terdapat air terjun ketiga tertinggi didunia dengan nama Three Sisters Falls (Cataratas las Tres Hermanas) di wilayah Ayacucho. Air terjun yang disebut Three Sisters karena terpisah dari tiga tingkatan. Dua dari jenjang atas yang hanya terlihat dari udara, dan air tetes ke dalam bak besar kurang enak di mana ketiga menceburi muncul. Air terjun yang hampir sepenuhnya dikelilingi oleh hutan, dan pohon-pohon di sekitar Three Sisters Falls mencapai setinggi 100 kaki. Air terjun ini mencapai ketinggian sekitar 914. 

4. Olo’upena Falls
 

Olo’upena Falls, air terjun keempat tertinggi di dunia, di pulau Molokai, yang relatif terisolasi. Banyak orang tidak pernah mendengar tentang Olo’upena Falls, sebagian besar informasi tentang air terjun ini hanya dapat diproleh memalui foto udara. Volume air terjun yang tidak banyak, tetapi tingginya mencapai 900 meter, lebih tinggi daripada Waihilau Falls (792 meter), keduanya berlokasi di Hawaii.

5. Yumbilla Falls



Kini telah dicatat Peru’s National Geographical Institute, bahwa di Peru telah ditemukan Yumbilla Falls di Peru dengan ketinggian 870 meter. Yumbilla Falls dengan empat aliran air yang besar. Penemuan ini menggatikan posisi dari Gocta Falls (771 meter), yang juga berlokasi di negara Amazon region.  Lokasinya juga cukup terpencil.

6.  Vinnufossen Falls

 

Berlokasi di negara Norwegia, dan tepatnya terletak di Sunndal, More Og Romsdal aliran dari sungai Vinnu. Memiliki ketinggian 860 meter (2822 kaki) dan merupakan air terjun tertinggi di Eropa dan keenam di dunia. 

7.  Baläifossen Falls

 

Berlokasi di negara Norwegia, tepatnya di Ulvik, Hordaland dan aliran dari sungai Baläi. Memiliki ketinggian 850 meter (2788 kaki). Dan merupakan tertinggi kedua di eropa dan ketujun di dunia. Tetesan air terjun ini menuruni tebing setinggi 3.000 kaki ke perairan Osafjorden, anak sungai dari hulu Hardangerfjorden. 

8. Pu’uka’oku Falls

 

Berlokasi di negara USA, tepatnya di Molokai, Hawaii. Memiliki Ketinggian 840 meter (2756 kaki). Dan Pantai utara Molokai memiliki tebing laut tertinggi di dunia. Setiap sungai yang turun atas tebing ini akan jatuh ribuan kaki ke laut. Termasuk air terjun ini. 

9. James Bruce Falls

 

Berlokasi di negara Canada, tepatnya di Princess Louisa Provincial Marine Park. Memiliki ketinggian 840 meter (2755 kaki). Dan James Bruce Falls adalah sebuah air terjun tinggi semi-musiman yang brasal dari danau salju kecil yang bertengger di atas pegunungan Prince Louisa . Nama James Brown adalah nama kakek dari seorang Surveyor yang meneliti Air Terjun ini. 

10. Browne Falls 

 

Berlokasi di negara Selandia Baru, tepatnya di Fiordlands National Park. Memiliki ketinggian 836 meter (2744 kaki). Dan berada tengah-tengah pemandangan yang menakjubkan hutan hujan subtropis, jatuh ke teluk sempit di antara tebing tinggi di dekat Arm Hall. Seperti terlihat pada gambar, sumber airt terjun ini adalah adalah sebuah Danau 836 m diatas permukaaan laut yang saat penuh kemudian meluap ke sisi gunung. 


sumber: http://waln.wordpress.com/geografi/air-terjun-tertinggi-di-dunia/ dan http://unikapik.blogdetik.com/2010/06/14/10-air-terjun-tertinggi-di-dunia/







Comments

Popular posts from this blog

BIOGRAFI : ADHI TIRTA WISATA (CHAIRMAN PT. PANORAMA TOURS INDONESIA)

Final Chapter ~

EFFORT?!